Proses Rekrutmen Yang Paling Efektif Adalah

Proses Rekrutmen Yang Paling Efektif Adalah

Kebetulan saya pernah menganalisa kecil-kecilan mengenai sourcing kandidat dari proses rekrutmen yang paling efektif diperusahaan dimana saya pernah bekerja (bidang finance).

Hasilnya menunjukkan bahwa:
a) Via media internet : CV tersedia banyak, tapi kandidat yang datang dan prosesnya sampai hire ternyata tidak sebanding dengan jumlah CV masuk

b) Via media Koran : CV lumayan banyak yang masuk (tapi tidak sebanyak via internet). Koran yang digunakan harus sesuai dengan lowongan, untuk lowongan pendidikan SMU lebih baik pakai Koran yang lebih “merakyat”. Kandidat yang datang lebih sebanding dengan CV masuk, ketimbang via media internet yang banyak CV tapi sedikit yg datang.

(Mungkin kah karena kandidat yang melamar via Koran lebih punya “niat melamar pekerjaan” ketimbang pelamar yang via internet? Karena kalau via internet kan gratis –sudah banyak free wifi dan warnet murah – dan tinggal ‘klak-klik’ saja untuk kirim CV dalam jumlah puluhan atau bahkan ratusan, sedangkan kalau via Koran kan setidaknya harus modal beli korannya… hehe tapi ini hanya asumsi saya saja)

c) Via referensi : Jumlah CV yang masuk ‘cukup’, jumlah yang terhire juga >50% dari referensi karena lebih mudah memastikan kualitasnya

d) Via kampus : CV terkumpul banyak, banyak pilihan untuk menghire dan banyak posisi staff yang terisi dari sourcing via kampus ini. Kandidat yang datang lumayan banyak dan rata-rata bersemangat, karena rata-rata fresh graduate.

#GerakanAntiHOAX, #JadiPembacaPINTAR, #TurnBackHOAX



Lowongan Kerja Surabaya

© 2008 - 2017. Info Lowongan Kerja Surabaya, Sidoarjo, Malang dan Area Jawa Timur