10 Keahlian IT yang banyak di butuhkan tahun 2013

Jumlah Pelamar :

0 Pelamar

SURABAYAJOBFAIR.COM --. Menurut survey yang dirilis Computerworld – September 2012, secara umum pada tahun 2013 menyatakan bahwa fokus kebutuhan SDM tertinggi adalah pada skill teknis untuk pengembangan, integrasi dan manajemen teknologi baru dan invoasi yang dapat menumbuhkan bisnis dan menciptakan keuntungan kompetitif bagi perusahaan.

Berikut ini adalah 10 kompetensi IT teratas yang akan paling banyak dibutuhkan pada rekrutmen tahun 2013:

1. Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi
Sekitar 60% dari eksekutif IT responden berencana untuk merekrut para developer baru di 2013. Perusahaan-perusahaan mereka akan mengembangkan sistem, aplikasi, dan meng-upgrade website yang sempat mereka tunda selama resesi yang lalu. Hal inilah yang mendorong kebutuhan akan tenaga-tenaga web developer, computer programmer dan software engineer kompeten untuk membantu mereka.
Hot Programming Skills: Java | Java Enterprise Edition (J2EE) | .Net | PHP

2. Project Management
Banyaknya proyek pengembangan dan upgrade sistem dan teknologi, ditambah dengan kompleksitas proyek yang semakin tinggi mengingat kebutuhan konektifitas antar sistem, berdampak pada meningkatkanya kebutuhan terhadap para project manager yang kompeten dan berpengalaman. Sekitar 40% dari eksektutif berencana mendatangkan project manager baru pada 2013.
Hot PM Skills: Systems Development | Business Analysis | Sertifikasi PMP

3. Help Desk & Technical Support
Mengimplementasikan sistem baru akan berdampak pula pada kebutuhan teknisi help desk untuk menangani peningkatan volume permintaan layanan. Kebutuhan tenaga technical support ini akan semakin bertambah lagi pada 2013 seiring dengan kemungkinan akan berpindahnya banyak perusahaan ke Windows 7 sebelum siklus dukungan terhadap Windows XP berakhir di 2014.
Hot Help Desk Skills: Mobile Device Support | Windows 7 Deployment | Skil Komunikasi Interpersonal

4. IT Security (IT Risk)
Kebutuhan terhadap spesialis IT Security (IT Risk) melonjak 10 poin dari survey tahun lalu menjadi 27%. Serangan-serangan cyber akan terus meningkat dari sisi lingkup maupun kompleksitasnya. Disamping itu risiko inheren yang terdapat pada penerapan teknologi baru juga semakin membuat kebutuhan terhadap kompetensi keamanan dan risiko TI ini menjadi pertimbangan utama bagi para eksekutif di 2013.
Hot Security Skills: Enterprise & Military Enclave Security | Cloud & Virtual Security | Manajemen Risiko

5. Business Intelligence
Pengembangan solusi-solusi dan storage berbasis cloud berarti organisasi dapat menangkap dan mengelola lebih banyak data dibanding sebelumnya. Para profesional IT dengan keahlian untuk menganalisis dan mentransformasi data ini ke dalam format business intelligence untuk mendukung pengambilan keputusan dan peningkatan kinerja yang lebih baik akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.
Hot BI Skills: Big Data Analytics | Mathematics & Statistics Aptitude | Kecerdasan/Pemahaman Bisnis yang kuat

6. Cloud & SaaS
Ini merupakan pendatang baru dalam daftar kebutuhan kompetensi TI. Para ahli komputasi awan dan software as a service (SaaS) akan menikmat rekor kebutuhan terhadapnya di 2013, seiring dengan bisnis yang terus mengadopsi dan melebarkan solusi cloud-computing-nya untuk menekan biaya operasional. Sejumlah 25% dari eksekutif berencana untuk merekrut tenaga baru untuk area yang sedang cepat tumbuh ini. Sejumlah 43% perushaan akan meningkatkan anggaran IT nya di 2013.
Hot Cloud Skills: Cloud Architecture & Configuration | SaaS Agreement Negotiation | Cloud Security

7. Virtualization
Peningkatan ROI, efisiensi dan ketersediaan sumber daya TI membuat virtualisasi komponen kritikal dari strategi IT modern. Sejumlah 24% dari eksekutif IT merencakanan untuk merekrut spesialis virtualisasi di 2013.
Hot Skills: Virtualization Administration | Virtual Security | Sertifikasi VCP5

8. Networking
Kompetensi networking ini turun dari peringkat 4 tahun lalu ke nomor 8 tahun ini (antara lain karena adanya pemisahan dengan cloud dan virtualisasi). Betapapun kebutuhan terhadap skill ini masih akan terus ada, tak peduli bagaimanapun kondisi ekonomi dan eksternal yang terjadi.
Hot Networking Skills: Cisco Network Administration | VOIP | Non-Virtual to Virtual Network Conversion

9. Mobile Apps & Device Management
Inovasi dan kemaujuan teknologi yang cepat pada kemampuan tablet dan smartphone telah pula meningkatkan penggunaannya oleh bisnis dan konsumen. Perusahaan dan lembaga pemerintahan pada berbagai ukuran pun mencari profesional IT dan developer yang dapat menangani kebutuhan yang muncul akibat penetrasi piranti mobile yang masif ini.
Hot Mobile Skills: Android & iOS Application Development | Mobile Device Management | Mobile Security

10. Data Center
Disamping posisinya yang kesepuluh, tapi prospek pekerjaan spesialis datacenter ini adalah salah satu yang terbaik, mengingat sejumlah perusahaan melaporkan kesenjangan skill yang signifikan di area ini, yang berarti akan terdapat lowongan pekerjaan yang lebih banyak lagi bagi para profesional di bidang ini untuk mengisinya.
Hot Data Center Skills: Server/Data Center Operations | Systems Integration | Database Management

Sumber : [manajemen-ti]

*Original Posts from SURABAYAJOBFAIR.COM

© 2008 - 2024. surabaya kerja, lowongan kerja surabaya 2019, loker surabaya 2019, loker surabaya, loker surabaya 2020, lowongan kerja surabaya 2020, lowongan kerja 2019 surabaya, info lowongan kerja surabaya 2019, loker surabaya 2021, lowongan kerja di surabaya 2019